Return to site

Jasa Pengurusan Visa China - Visa Transit 24 Jam

by Richard | Visakita | Agen Visa

· China

China merupakan salah satu negara dengan kunjungan warga negara asing terbanyak di seluruh dunia. Pada tahun 2019 saja, warga negara asing yang datang ke China berjumlah 143 juta jiwa. Bagi warga negara Indonesia yang ingin mengunjungi China diwajibkan memiliki visa yang dapat diurus secara pribadi ataupun melalui jasa pengurusan visa China.

Warga Negara Yang Berhak Mendapatkan Transit Visa 24 Jam

Mayoritas warga negara asing bisa memperoleh transit visa China 24 jam, dengan beberapa pengecualian di bandara tertentu bagi warga negara tertentu di bawah ini:

  1. Pemegang paspor dari Afghanistan, Arab Saudi, Azerbaijan, Iran, Irak, Kazakhstan, Kirgistan, Malaysia, Oman, Pakistan, Sri Lanka, Suriah, Thailand, Turki, Turkmenistan and Yaman yang transit di Xiamen memerlukan visa sebelum datang di China
  2. Warga negara Suriah yang transit di Guangzhou tidak berhak mendapat transit visa 24 jam.

Pembatasan Bandara

Mayoritas bandara internasional di China memiliki fasilitas transit visa 24 jam, dengan beberapa pengecualian:
  • Fuzhou Changle Airport
  • Huangshan Tunxi Airport
  • Mudanjiang Hailang Airport
  • Yanji Chaoyangchuan Airport
Di Urumqi Diwwpu Airport, mayoritas wisatawan hanya dapat memperoleh transit visa China 2 jam saja dan tidak diijinkan untuk keluar dari bandara.

Rute Transit Yang Diijinkan

Rute transit yang diperbolehkan dapat dilihat pada ilustrasi gambar di bawah ini.

  • A dan C adalah negara yang berbeda
  • Hongkong, Makau dan Taiwan masuk kategori negara A atay C
  • Multiple stop di China diperbolehkan selama total periode transit di China tidak melebihi 24 jam. Contohnya: rute Amerika - Beijing - Shanghai - Hongkong; selama periode tinggal di Beijing dan Shanghai tidak lebih dari 24 jam maka diperbolehkan untuk mendapatkan transit visa China 24 jam

Peraturan Transit 24 Jam di China

Persyaratan bagi transit visa China 24 jam adalah paspor yang masih berlaku 3 bulan sejak tanggal kedatangan, tiket pesawat atau kereta lanjutan, visa dari negara tujuan akhir (apabila diperlukan).
Adapun selama periode transit, penumpang dapat keluar dari bandara setelah memperoleh cap atau stiker di paspor sebagai penanda visa transit China 24 jam.

Cara Memperoleh Visa Transit China 24 Jam

Pembuatan visa transit cukup mudah dan tidak membutuhkan jasa pengurusan visa China. Berikut langkah-langkah nya:

  1. Mengisi kartu kedatangan/keberangkatan di imigrasi
  2. Mendapatkan ijin masuk sementara berupa stempel atau stiker di paspor
Total durasi transit dihitung dari selisih jadwal kedatangan di China sampai dengan jadwal keberangkatan ke negara tujuan akhir.

Penutup

China adalah salah satu negara favorit saya dan salah satu hub penghubung penting bagi warga negara Indonesia yang ingin terbang ke USA dan menggunakan maskapai dari China. Mayoritas hub penghubung ada di Hongkong (Cathay Pacific), Korea (Korean Air), Jepang (Japan AIrlines) akan tetapi semakin banyak maskapai China yang menawarkan rute ke USA dengan biaya yang lebih terjangkau.

Saya menilai tidak ada ruginya untuk apply transit visa 24 jam untuk sekadar berjalan-jalan atau menikmati wisata kuliner yang tentunya berbeda dengan restoran bandara. Akan tetapi untuk menikmati China, diperlukan waktu yang lebih banyak dari 24 jam, dan bisa dipertimbangkan untuk memiliki visa China normal melalui jasa pembuatan visa China.

Apakah kamu lebih memilih transit singkat di China atau menjelajah China dengan waktu yang lebih lama?

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK