Return to site

Update: Bandara Singapura Terbuka Untuk Transit

by Richard | Visakita | Agen Pembuatan Visa

· Singapura,covid-19

Pandemi covid-19 ini berdampak sangat besar ke industri penerbangan. Salah satu negara populer untuk WNI, Singapura, sudah menutup akses transit di bandaranya sejak 24 Maret 2020. Selama itu pula, hampir aktifitas di bandara hanya sekitar 1%, yang mayoritas digunakan sebagai penerbangan repatriasi. 

Ada berita positif datang dari Singapura, yang membuka kembali akses transit bagi penumpang pesawat. Hal ini berlaku efektif tanggal 2 Juni 2020.

Efek Pembukaan Transit

Hal ini merupakan kabar baik bagi seluruh maskapai yang beroperasi di negara Singapura, seperti Singapore Airlines, Jetstar dan Scoot. Ketiga maskapai ini memiliki beberapa rute transit dan available untuk rute keberangkatan dari Indonesia.

SIngapura adalah salah satu pusat transit terbesar, dimana pembukaan kembali bandara untuk transit akan mengaktifkan kembali ekonomi dari sektor maskapai, merchandise dan F&B di bandara.

Perlu diingat bahwa ini hanya berlaku bagi penumpang transit saja, tidak untuk wisatawan dengan tujuan akhir di SIngapura.

 

Saat ini Singapura memiliki kasus covid-19 terbanyak se Asia Tenggara, dengan jumlah tembus 20.000 pasien positif covid-19. Yang membuat saya kagum adalah jumlah kematian yang cukup rendah dengan total di bawah 30 orang. Ini berarti tingkat kematian "hanya" di bawah 0,2%. Ini merupakan persentase yang sangat rendah, dan sulit ditemui di negara manapun di dunia.

Pendapat

Saya merasa langkah Singapura melonggarkan penumpang transit adalah langkah hati-hati yang sudah diperhitungkan. Kemungkinan pemerintah Singapura akan mengamati tingkat penambahan covid-19 setelah pembukaan bandara transit.

Ke depannya, tidak mustahil rute-rute penerbangan langsung akan kembali secara bertahap, meskipun saya yakin ada negara yang tetap akan di black list, terutama negara dengan kasus covid-19 yang tinggi, seperti yang dilakukan oleh Yunani

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk transit di Singapura, yaitu pastikan mempunyai visa yang masih aktif di negara akhir tujuan, dan cek apakah warga negara indonesia masuk dalam daftar blacklist selama pandemi covid-19 ini.

Saya menyarankan konsultasikan hal ini dengan agen pembuatan visa masing-masing.

Apakah Kamu Akan Bepergian Dengan Transit Singapura Dalam Waktu Dekat?

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK