Return to site

Update: Inggris / UK Lockdown (lagi) dan Wajib PCR-RT Test

by Richard | Visakita | Biro Jasa Pengurusan Visa

· UK,covid-19

Per tanggal 4 Januari, Inggris (UK), Wales dan Skotlandia mengumumkan lockdown selama sampai pertengahan bulan Februari 2021. Semua hal yang tidak esensial akan dibatasi dan masyarakat diijinkan keluar rumah hanya untuk membeli makanan atau obat-obatan.

Hal ini bisa dipahami karena jumlah positif covid19 yang meningkat tajam selama bulan Desember 2020 di Inggris. Pada tanggal 4 Januari 2021, UK memiliki 58.784 kasus baru dengan rekor tertinggi dibandingkan periode sebelumnya.

Detail mengenai lockdown di UK dapat diakses di link ini

Status Jasa Pembuatan Visa UK

Per tanggal 4 Januari 2021, kedutaan Inggris di Indonesia masih melayani agen pembuatan visa UK. Salah satu landasannya adalah karena visa UK yang terbit akan berlaku sampai 6 bulan ke depan dengan harapan lockdown sudah berakhir di pertengahan Februari 2021.

Lebih lanjut, lockdown yang dijadwalkan sampai pertengahan Februari 2021 ini bisa diperpanjang apabila pertambahan kasus harian covid-19 masih tinggi di bulan Februari 2021.

Persyaratan Terbang Ke UK Saat Ini

Sehubungan dengan lockdown dan pertambahan signifikan kasus positif covid-19, UK membuat perubahan signifikan dalam hal tes Covid-19. Sebelum tanggal 4 Januari 2021, UK tidak mewajibkan tes covid-19 apapun untuk memasuki negaranya dan traveller hanya wajib mengajukan visa UK saja untuk berkunjung.

Per tanggal 4 Januari 2021, traveller yang akan masuk ke UK wajib memiliki hasil tes negatif PCR-RT Covid-19 dengan jangka waktu 72 jam sebelum keberangkatan. Berikut kutipan dari Financial Times

Kementrian sedang mempersiapkan proposal tahap akhir untuk memperketat ijin masuk ke Inggris dari luar negri dengan cara test PCR Covid-19 sebelum penerbangan.

Penutup

Ini adalah ketiga kalinya UK memberlakukan lockdown setelah periode sebelumnya di bulan November 2020. Peningkatan tajam dari kasus baru covid-19 membuat UK mengencangkan peraturan, baik domestik (lockdown) dan internasional (PCR test covid-19). Hal ini saya nilai wajar untuk dilakukan karena keamanan adalah faktor utama yang tidak dapat digantikan dengan hal apapun.

Rekomendasi dari saya saat ini masih sama yaitu jangan melakukan travelling apabila tidak mendesak. Akan tetapi apabila wajib melakukan travel, selalu konsultasikan dengan agen pengurusan visa mu untuk mengetahui update dari status negara yang ingin kamu kunjungi.

Selalu terapkan protokol kesehatan dan stay safe untuk kita semua ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK