Return to site

Update: Turki Mewajibkan Negatif PCR-RT Test

by Richard | Visakita | Jasa Pembuatan Visa Turki

· Turki,covid-19

Untuk pertama kalinya sejak Turki membuka pintu bagi wisatawan pada musim panas 2020 dan menerapkan kebijakan open-door bagi pariwisatanya, Turki memberlakukan kebijakan baru bagi traveler yang ingin memasuki negaranya.

Tren dari infeksi Covid-19 di Turki yang semakin berkurang membuat pemerintah Turki mengambil kebijakan pembatasan perjalanan untuk mencegah gelombang baru Covid-19 terjadi di Turki.

Jumlah Kasus Baru Covid-19 di Turki sampai 15 Januari 2021

Per tanggal 30 Desember 2020, administrasi bandara Istanbul Turki menyatakan semua traveler yang masuk dan/atau keluar Turki dengan usia di atas 6 tahun wajib menyertakan hasil negatif Covid-19 PCR tes, yang dilakukan dalam waktu maksimal 72 jam sebelumnya, termasuk bagi mereka yang sudah divaksin. Traveler wajib memberikan hasil tes setelah tiba di bandara dan sebelum keberangkatan. Covid-19 PCR tes ini tidak dapat dilakukan saat kedatangan di Turki.

Status Jasa Pembuatan Visa Turki

Sampai dengan saat ini, tidak ada perubahan untuk jasa pengurusan visa Turki dari segi persyaratan ataupun jenis visa. Turki tetap membuka visa bagi wisatawan, di luar tambahan wajib Covid-19 PCR tes yang dilakukan maksimal 72 jam sebelum keberangkatan.

Bagi traveler yang sudah memiliki visa wisata Turki sebelum 30 Desember 2020, visa Turki tersebut masih berlaku selama 180 hari ke depan dengan masa kunjungan maksimal 30 hari. Keputusan tambahan Covid-19 PCR tes tidak mempengaruhi visa yang sudah dimiliki.

Penutup

Sebelum kebijakan wajib tes Covid-19 diberlakukan, Turki merupakah salah satu negara yang paling terbuka terhadap wisatawan. Banyak traveler yang berkunjung ke Turki pada tahun 2020 karena mayoritas negara lainnya cenderung tertutup, bahkan tidak membuka akses bagi visa turis. 

Saya merasa kewajiban tes Covid-19 ini memberikan lebih banyak dampak positif karena mengurangi kemungkinan traveler yang terinfeksi Covid-19. Selain itu, hal ini akan mengurangi jumlah traveler yang melakukan transit di Turki. Sebelumnya transit di Turki tidak membutuhkan hasil tes Covid-19 sehingga banyak traveler yang melakukan re-routing dan transit di Turki.

Untuk saat ini belum ada informasi lebih lanjut berapa lama wajib tes Covid-19 diberlakukan. Melihat bahwa adanya varian baru Covid-19, dan Turki tetap mewajibkan tes Covid-19 bahkan bagi yang sudah divaksin, kemungkinan aturan ini akan berlaku dalam waktu yang cukup panjang. Selalu cek dengan agen visa mu untuk mengetahui update terbaru sebelum melakukan perjalanan ke Turki.

Apakah kamu akan melakukan perjalanan ke Turki di tahun 2021 ini? ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK