Return to site

Jasa Pengurusan Visa Australia - Transit Tanpa Visa

by Richard | Visakita | Agen Pembuatan Visa

· Australia,covid-19,Transit

Selama masa pandemi covid19, Australia termasuk salah satu negara yang menerapkan pembatasan perjalanan dengan sangat ketat, bahkan sempat meniadakan penerbangan internasional sama sekali.

Berita baiknya saat ini penerbangan internasional ke Australia sudah dibuka kembali meskipun dengan frekuensi yang masih belum banyak dan wajib melakukan karantina dengan biaya sendiri setiba di Australia.

Bagi warga negara asing yang akan terbang ke destinasi lain dengan transit di Australia, tidak akan dikenakan pembatasan perjalanan selama periode transit tidak lebih dari 72 jam. Apabila periode transit di atas 72 jam, maka pembatasan perjalanan akan berlaku dan harus mengikuti prosedur karantina sesuai peraturan di negara bagian masing-masing.

Persyaratan Visa Transit Australia

Untuk transit melalui Australia, wajib memiliki visa yang dapat dibuat melalui jasa pengurusan visa Australia atau berasal dari negara dalam daftar Transit Tanpa Visa (TWOV). Beruntung Indonesia termasuk salah satu dari negara dalam daftar sehingga WNI yang transit di Australia tidak perlu membuat visa transit melalui jasa pembuatan visa Australia. Daftar negara dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Anggota negara dalam kategori transit tanpa visa (TWOV)

Kriteria Transit Tanpa Visa (TWOV) Australia Selama Pandemi

Bagi warga negara dalam daftar di atas, diijinkan melakukan transit tanpa perlu melalui jasa pengurusan visa Australia asalkan memenuhi semua ketentuan di bawah ini:

  • Tiba di Australia dengan pesawat 
  • Memiliki tiket keluar dari Australia dengan waktu transit maksimal 8 jam setelah jam kedatangan
  • Memiliki dokumen perjalanan yang valid ke negara tujuan akhir
  • Dilarang melewati imigrasi atau keluar dari transit lounge di bandara dengan alasan apapun, meskipun termasuk dalam kategori daftar negara transit tanpa visa. Apabila harus keluar imigrasi (seperti pengambilan bagasi, melanjutkan flight dengan pesawat terpisah), wajib memiliki visa Australia aktif yang bisa diurus oleh jasa pembuatan visa Australia.

Penutup

Berkaca pada peraturan terbaru selama pandemi, ada 2 poin penting untuk melakukan transit di Australia. Yang pertama, pastikan durasi transit tidak lebih dari 8 jam. Berikutnya, belilah tiket pesawat dengan pesawat dan kode booking yang sama sehingga tidak perlu keluar dari imigrasi dan check-in ulang. Apabila 2 poin penting ini tidak terpenuhi, maka wajib memiliki visa Australia melalui jasa pengurusan visa Australia sebelum melakukan perjalanan.

Selama kondisi pandemi masih berlangsung, saya tidak menyarankan untuk melakukan perjalanan karena selalu ada resiko untuk tertular dan menulari orang lain. Apabila harus melakukan penerbangan karena kondisi tertentu yang mendesak, cek dahulu persyaratan dari negara tujuan dan/atau konsultasikan dengan agen visa mu untuk informasi terbaru.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK