Return to site

Status Sponsor Dalam Pembuatan Visa

by Richard | Visakita | Agen Pembuatan Visa

· sponsor

Dalam pembuatan visa, yang menjadi poin utama bagi kedutaan untuk memberikan atau menolak pengajuan visa adalah keyakinan bahwa applicant visa akan kembali ke negara asal, dengan tidak overstay.

Salah satu bukti terkuat adalah rekening tabungan selama 3 bulan terakhir. Di samping itu, untuk memperkuat bisa juga menyertakan sponsor, baik dari negara asal ataupun negara tujuan.

Yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang bisa menjadi sponsor yang dianggap sah oleh kedutaan. 

Visakita akan menjelaskan beberapa status sponsor yang diperbolehkan di bawah ini:

1. Keluarga Inti

Keluarga inti di sini meliputi orang tua, saudara kandung ataupun anak. Anggota keluarga inti dapat mensponsori applicant untuk membuat visa dengan melampirkan bukti kekeluargaan, umumnya kartu keluarga atau akte lahir. Sponsor dapat melampirkan rekening 3 bulan terakhir sebagai bukti keuangan.

Untuk saudara kandung yang sudah pisah kartu keluarga, dapat melampirkan kartu keluarga masing-masing, dari applicant dan saudara kandung - untuk menunjukkan keduanya memiliki orang tua yang sama.

2. Pasangan

Pasangan dapat mensponsori suami/istri masing-masing, baik ketika mereka ikut atau tidak ikut dalam perjalanan tersebut. Akte pernikahan wajib dilampirkan dalam pengajuan pembuatan visa untuk membuktikan status hubungan tersebut. Lampirkan juga saldo tabungan dari pasangan yang akan mensponsori perjalanan tersebut.

3. Perusahaan

Pihak tempat kerja dapat memberikan sponsor bagi karyawan perusahaan nya, baik dalam rangka perjalanan dinas ataupun sebagai bonus atas pencapaian karyawan nya. Pihak perusahaan harus dapat menyertakan surat sponsor dan copy rekening 3 bulan terakhir dari perusahaan. Untuk perusahaan milik pribadi seperti UD dan CV, copy rekening 3 bulan terakhir perusahaan dapat diwakilkan oleh rekening direktur dari UD dan CV yang bersangkutan.

Tidak semua orang bisa mensponsori applicant visa. Berikut status dari sponsor yang tidak diperbolehkan (tidak dianggap sah) oleh kedutaan:

1. Teman

Status sebagai teman tidak dianggap kuat oleh kedutaan untuk mensponsori, meskipun saldo keuangan teman tersebut sangat kuat. Status hubungan ini dianggap paling lemah sebagai sponsor sehingga tidak ada kewajiban moral untuk mensponsori applicant visa.

2. Pacar

Status sebagai pacar juga tidak dianggap cukup kuat oleh kedutaan. Apabila tujuan pengajuan visa adalah untuk mengunjungi pacar, tidak menjadi masalah akan tetapi applicant tetap harus mempunyai saldo tabungan yang cukup kuat ya untuk mengcover perjalanan tersebut.

Penutup

Terlepas dari ada sponsor atau tidak ada sponsor, akan sangat aman untuk memiliki saldo tabungan yang cukup. Dengan demikian status sponsor sifatnya sebagai tambahan untuk memperkuat dokumen untuk meyakinkan kedutaan dalam pemberian visa. Rata-rata yang diminta adalah saldo tabungan 3 bulan terakhir, jadi pastikan saldo mu aman selama 3 bulan sebelum pembuatan visa ya.

Apakah kamu sudah memiliki saldo yang cukup untuk pembuatan visa?

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK