Return to site

Informasi: Prancis Mewajibkan PCR-RT Covid-19 Negatif Dari Semua Kedatangan Udara & Laut Per 24 Januari 2021

by Richard | Visakita | Jasa Pengurusan Visa Schengen

· covid-19,Schengen,Perancis

Para pemimpin Eropa mengadakan konferensi video pada hari Kamis, 21 Januari 2021 mengenai langkah-langkah pencegahan mutasi virus Covid-19 menyebar di Eropa dan langkah-langkah perbatasan apa yang sebaiknya diterapkan.

Per tanggal 24 Januari 2021, Prancis telah memutuskan untuk mewajibkan semua kedatangan udara dan kapal, termasuk yang dari Uni Eropa / Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) / Schengen, untuk memiliki tes PCR-RT negatif Covid-19 kurang dari 72 jam sebelum keberangkatan.

Namun, warga negara Uni Eropa / Wilayah Ekonomi Eropa tidak akan diwajibkan melakukan karantina. Persyaratan tes negatif PCR-RT Covid-19 ini tidak berlaku untuk kedatangan melalui jalan darat atau kereta api.

Berikut kutipan dari The Local:

  • Mulai hari Minggu, 24 Januari 2021, para traveler yang tiba di Prancis dari wilayah Uni Eropa diwajibkan mempunyai hasil tes negatif Covid-19. Ini adalah pengumuman dari pemerintah - dengan catatan tambahan bahwa ini hanya berlaku untuk kedatangan melalui udara atau laut.
  • Menindak lanjuti diskusi di antara para pemimpin Eropa tentang tambahan pembatasan perjalanan, pemerintah Prancis mengumumkan pada Kamis malam (21 Januari 2021) bahwa bagi semua orang yang memasuki Prancis wajib memupunyi hasil negatif tes Covid-19.
  • Bagi traveler yang datang ke Prancis dari luar Uni Eropa, wajib mematuhi peraturan ketat yang melarang semua perjalanan yang tidak penting, memerlukan tes negatif Covid-19 dan melakukan karantina tujuh hari setibanya di Prancis.
  • Per hari Minggu, 24 Januari 2021, semua orang yang memasuki Prancis melalui udara atau laut akan membutuhkan tes Covid negatif yang dilakukan dalam 72 jam sebelumnya. Pemerintah menetapkan bahwa jenis tes yang diterima hanyalah tes PCR. Tes rapid antigen yang ditawarkan di banyak apotek tidak berlaku.

Jumlah kasus harian Covid-19 di Prancis sampai tanggal 22 Januari 2021

Jumlah kasus harian Covid-19 di Prancis saat ini stabil di angka yang cukup tinggi yaitu 20.000 kasus per hari. Tambahan persyaratan extra tes Covid-19 ini sepertinya untuk melandaikan kurva serta mengurangi penyebaran Covid-19 terutama dari berbagai varian baru yang bermunculan belakangan ini.

Status Jasa Pengurusan Visa Schengen Prancis

Saat ini kedutaan Prancis menutup jasa pembuatan visa Schengen untuk kategori wisata. Dengan tambahan peraturan ini, bisa dipastikan bahwa jasa pengurusan visa Schengen tidak akan mendapat lampu hijau dalam waktu dekat.

Selain biro jasa pengurusan visa, ada kemungkinan jumlah maskapai internasional yang terbang keluar masuk ke Prancis akan berkurang sejalan dengan berkurangnya penumpang karena persyaratan tambahan tes negatif PCR-RT ini.

Penutup

Bagi wisatawan yang ingin bepergian di dalam zona Schengen yang sebelumnya relatif mudah, saat ini memiliki sejumlah kesulitan tersendiri dengan berbagai persyaratan pengujian yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan dan pemerintah.

Menarik untuk disimak apakah negara Schengen lain akan mengikuti langkah Prancis mengenai peraturan wajib tes PCR-RT negatif ini. Saya pribadi tidak menyarankan untuk travel selama pandemi Covid-19 ini berlangsung. Tetapi apabila ada keperluan mendesak yang mengharuskan travel, selalu konsultasikan dengan agen visa mu terlebih dahulu untuk mendapat persyaratan yang terbaru.

Menurutmu kapan kira-kira Prancis akan membuka jasa pengurusan visa wisata nya lagi? ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK