Return to site

Update: Pembuatan (Perpanjangan) Visa Amerika Tanpa Wawancara

by Richard | Visakita | Jasa Visa

· Amerika,covid-19

Berita positif bagi pemilik visa Amerika yang sudah kadaluarsa. Saat ini kedutaan Amerika memberikan kelonggaran tanpa wawancara untuk jasa pembuatan Visa Amerika yang sudah kadaluarsa kurang dari 24 bulan. Normalnya perpanjangan visa tanpa wawancara ini hanya berlaku bagi visa Amerika yang kadaluarsa dalam 12 bulan saja.

Kategori visa Amerika yang mendapat kelonggaran tanpa wawancara adalah sebagai berikut

  • Visa Kunjungan Bisnis dan Wisata (B1/B2)
  • Visa Pelaut (C1/D)
  • Visa Pertukaran Pengunjung

Daftar tipe pengunjung sesuai kategori visa dapat dilihat di bawah ini

  • B1 – Athlete, amateur or professional (competing for prize money only), business visitor, domestic employee or nanny – must be accompanying a foreign national employer
  • B2 – Visitor for Medical treatment, tourism, vacation, pleasure visitor
  • C1 – Transiting the United States
  • D – Crewmember
  • J – Au pair (exchange visitor), exchange visitor, physician, professor, scholar, teacher (exchange visitor)

Persyaratan Perpanjangan Visa Amerika Tanpa Wawancara

Berikut adalah persyaratan umum yang wajib dipenuhi untuk melakukan perpanjangan visa Amerika tanpa wawancara.

  1. Pemegang paspor negara Indonesia
  2. Visa sebelumnya dikeluarkan dengan validasi penuh (visa B1/B2 berlaku selama lima tahun, visa J berlaku selama satu tahun, visa C1/D berlaku selama 4 tahun) di Jakarta atau Surabaya di paspor Indonesia
  3. Visa AS saya masih berlaku atau habis masa berlakunya dalam dua puluh empat bulan terakhir.
  4. Saya memiliki semua paspor yang meliputi kurun waktu semenjak saya menerima visa validasi penuh. (Jika jawaban Anda adalah ‘Ya’, maka Anda diminta untuk menyerahkan paspor Anda yang masih berlaku beserta paspor dengan visa AS terakhir. Anda tidak dapat menggunakan permohonan tanpa wawancara ini jika paspor dan visa terakhir anda hilang)
  5. Aplikasi visa AS saya tidak pernah ditolak dalam kurun waktu dua belas bulan terakhir. (Catatan: Semua penolakan visa sebelumnya, bahkan jika kemudian disetujui, harus dinyatakan dalam aplikasi visa DS-160)
  6. Saya tidak pernah ditahan atau terbukti bersalah untuk pelanggaran atau tindak kejahatan apapun, meskipun diberi pengampunan.
Di luar persyaratan umum di atas, ada tambahan persyaratan bagi masing-masing kategori visa Amerika yang dapat dilihat di bawah ini:
  • Visa B1/B2: Usia 14 tahun ke atas ketika penerbitan visa Amerika terakhir, tidak pernah menetap di Amerika lebih dari 6 bulan dengan visa B1/B2 (meskipun Department of Homeland Security menyetujui perpanjangan masa tinggal)
  • Visa J: Pembaharuan visa J1 yang ada untuk melanjutkan program yang sama atau untuk menghadiri institusi yang sama dengan visa Amerika sebelumnya, status SEVIS aktif (sebelumnya telah membayar biaya SEVIS dan tetap menjadi pelajar aktif), tidak pernah menetap di Amerika lebih dari waktu yang izinkan (bahkan dengan persetujuan perpanjangan izin tinggal dari Department of Homeland Security)
  • Visa C1/D: Bekerja untuk agen pelaut yang merupakan anggota Program Visa Awak Kapal dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, tidak pernah menetap di Amerika lebih dari waktu yang izinkan (bahkan dengan persetujuan perpanjangan izin tinggal dari Department of Homeland Security)

Dokumen Yang Dibutuhkan

Tidak ada perbedaan dokumen antara pengajuan visa Amerika dengan dan tanpa wawancara, kecuali surat konfirmasi permohonan tanpa wawancara.

Persyaratan dokumen jasa visa Amerika secara umum adalah

  • Surat konfirmasi DS-160
  • Paspor terbaru dan paspor lama yang didalamnya terdapat visa Amerika yang sebelumnya
  • Satu lembar foto ukuran 5x5 cm yang diambil dalam 6 bulan terakhir
  • Surat konfirmasi permohonan tanpa wawancara
  • Bukti pembayaran
Bagi visa pelaut, harap melampirkan Guarantee Letter dan Optional Services Agreement and Disclosure Form, sedangkan visa pertukaran pengunjung harap melampirkan formulir DS-2019 (asli) dan bukti pembayaran SEVIS

Penting untuk diingat untuk tidak menggunakan foto yang berusia lebih dari 6 bulan yang berujung kepada penolakan visa

Penutup

Pandemi ini membuat semua pihak beradaptasi tidak terkecuali pihak kedutaan. Sebelumnya perpanjangan visa Amerika tanpa wawancara diberi waktu hanya 12 bulan saja setelah kadaluarsa, akan tetapi saat ini semua jadwal wawancara sedang tidak available sehingga saya merasa pemberian perpanjangan waktu 24 bulan ini untuk mengurangi jumlah applicant yang diwawancara.

Apabila kamu memiliki visa Amerika yang sudah / akan kadaluarsa, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk memperbaharui masa berlaku visa Amerika mu. Selain itu, selalu kontak dengan agen visa mu untuk selalu mendapatkan informasi yang paling update ^^

Apakah kamu akan memanfaatkan layanan ini untuk memperpanjang visa Amerika?

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK