Return to site

Update: Perancis Mewajibkan PCR-RT Test

by Richard | Visakita | Jasa Pembuatan Visa Schengen

· Schengen,Perancis,covid-19

Pada tanggal 14 Januari 2021, Perancis mengumumkan tes PCR-RT Covid-19 wajib dilakukan bagi traveller yang datang dari luar wilayah Uni Eropa, termasuk Inggris. Tes ini wajib dilakukan tidak lebih dari 72 jam sebelum jam keberangkatan.

Hal yang masih menjadi perdebatan adalah apakah tes ini juga diwajibkan bagi penumpang transit dan dari negara yang memiliki tingkat infeksi covid-19 rendah.

Berikut kutipan dari The Local:

  • Pemerintah Perancis mengumumkan untuk peningkatan ketat wilayah pembatasan dengan negara di luar Uni Eropa, termasuk Inggris dalam upaya menghilangkan kurva covid-19 yang tajam.
  • Perdana Menteri juga mengumumkan bahwa aturan memasuki Perancis akan diperketat untuk mencegah varian baru Covid-19 yang sudah menjangkiti beberapa negara lain termasuk Inggris.
  • Castex mengumumkan bagi semua orang yang datang dari negara di luar Uni Eropa wajib memiliki hasil tes negatif virus corona yang dilkaukan dalam 72 jam terakhir untuk dapat masuk ke wilayah Perancis.
  • Traveller dari luar Uni Eropa juga wajib mendeklarasikan bahwa mereka akan melakukan isolasi mandiri selama 7 (tujuh) hari setibanya di Perancis dan melakukan tes PCR kedua setelahnya. Isolasi mandiri ini dapat dilakukan di rumah.

Status Jasa Pembuatan Visa Schengen Perancis

Jasa pembuatan visa Schengen untuk Perancis masih belum dibuka untuk kategori wisata. Ada beberapa jasa pengurusan visa Schengen yang diperbolehkan seperti visa bagi anggota keluarga atau untuk tujuan bisnis tertentu. Akan tetapi aturan ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kondisi covid-19 di Perancis maupun di Indonesia.

Penutup

Untuk saat ini Perancis ataupun Schengen tidak membuka diri bagi traveller dari luar Uni Eropa. Saya pribadi merasa tes ini akan berlaku dalam waktu yang cukup lama karena untuk membuat kurva covid-19 melandai diperlukan beberapa waktu dan kerjasama dari masyarakat setempat. Selain itu, vaksin yang sudah mulai diperkenalkan di 2021 juga memberikan harapan untuk mengendalikan Covid-19 di pertengahan atau akhir tahun 2021.

Saya pribadi tidak menyarankan untuk traveling pada kondisi pandemi mengingat kapasitas rumah sakit yang cukup terbatas. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan travel list mulai dari sekarang untuk tahun 2022, dimana harapan saya pandemi sudah dapat dikendalikan. Jangan lupa untuk selalu koordinasi dengan jasa pembuatan visa Schengen mu mengenai update terbaru dari negara Uni Eropa.

Setelah pandemi selesai, negara mana yang akan kamu kunjungi pertama kali ? ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK