Return to site

Pahami Dulu Tiga Jenis Visa Turis Australia Sebelum Memutuskan Pergi Ke Sana

Australia menjadi negara yang sering dituju oleh para turis dari Indonesia. Selain jaraknya yang tak terlalu jauh, Australia menawarkan banyak tempat menarik dan tentunya nyaman untuk berlibur. Namun, untuk bisa memasuki Australia, selain paspor tentunya, Anda juga membutuhkan visa. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis visa yang bisa Anda ajukan untuk bisa masuk ke negara kangguru tersebut.

Jasa pengurusan visa australia

Visa yang Anda ajukan juga bergantung pada jangka waktu tinggal, paspor dan tujuan kunjungan Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis visa turis yang bisa Anda ajukan agar bisa diijinkan masuk ke Australia.

1. eVisitor/subclass 651

Jenis visa ini adalah visa gratis untuk kunjungan ke Australia selama beberapa kali saja. Itupun hanya untuk tujuan wisata atau bisnis. eVisitor ini memiliki masa tinggal selama tiga bulan untuk satu kali kunjungan. Hal tersebut berlaku dalam periode 12 bulan saja. Namun, perlu diketahui juga bahwa jenis visa ini hanya tersedia bagi Anda yang memegang paspor dari sejumlah negara Eropa. Untuk Anda yang ingin memperpanjang visa jenis ini, sepertinya harus mengurungkan niat, karena visa jenis ini tidak dapat diperpanjang.

2. Electronic Travel Authority Visa/subclass 601

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki visa jenis ini adalah Anda dapat mengunjungi Australia sesering apapun yang Anda inginkan dalam kurun waktu satu tahun. Masa tinggal yang Anda dapatkan dari jenis visa ini adalah tiga bulan untuk setiap kali kunjungan. Untuk Anda yang memiliki paspor sejumlah negara atau wilayah yang tinggal di luar Australia, maka jenis visa ini bisa Anda dapatkan. Tidak ada biaya untuk pengajuan visa ini, biaya yang harus Anda bayar hanyalah biaya layanan sebesar $20, itupun jika Anda mengajukan permohonan visa secara online.

3. Visa Kunjungan/subclass 600

Visa jenis ini hanya ditujukan bagi para turis yang tidak memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan visa Visitor atau Electronic Travel Authority Visa. Namun, tak perlu khawatir karena visa ini memungkinkan Anda untuk menginjakan kaki di Australia dengan tujuan wisata bahkan bisnis dalam jangka waktu yang bisa Anda pilih, yakni tiga, enam atau 12 bulan. Menggiurkan, bukan? Untuk memiliki visa jenis ini, Anda harus membayar biaya saat melakukan permohonan visa ini.

Lalu, apakah visa turis bisa diperpanjang? Tergantung jenis visa apa yang Anda miliki. Jika Anda telah berada di Australia dan memiliki Electronic Travel Authority Visa/subclass 601, maka Anda dapat memperpanjang waktu tinggal dengan mengajukan visa lain, seperti misalnya visa kunjungan/subclass 600. Jenis visa turis yang tak bisa diperpanjang adalah eVisitor/ subclass 651.

Berapa jumlah uang yang Anda butuhkan untuk pergi ke Australia? Semua tergantung dengan kebutuhan Anda, bukan? Namun, sesuai peraturan, Anda harus melaporkan jumlah yang yang melebihi AUD $10.000. Meski tak ada batasan berapa besar jumlah uang yang bisa Anda bawa ke Australia.

Perlu diketahui juga bahwa selain tiga jenis visa di atas, ada beberapa jenis visa Australia lainnya yang bisa Anda ajukan, seperti misalnya Visa Pelajar, Visa Pelatihan atau juga Visa Aktivitas Sementara. Ketahui terlebih dahulu tujuan Anda ke Australia dan ajukan permohonan visa yang Anda butuhkan atau Bisa berkonsultasi dahulu dengan kami Biro Jasa Pengurusan Visa Autralia berpengalaman.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK