Return to site

Update: Kunjungan ke Turki tanpa Tes PCR dengan syarat

by Richard | Visakita | Jasa Pembuatan Visa Turki

· covid-19,Turki

Per tanggal 5 Agustus 2021, wisatawan dari Indonesia yang berniat mengunjungi Turki tidak perlu melakukan memiliki hasil tes negatif antigen ataupun PCR asalkan sudah divaksin dengan dosis lengkap. Peraturan ini berlaku tidak untuk semua negara tapi beruntung Indonesia termasuk dalam daftar negara yang masuk kriteria. Implikasinya wisatawan hanya perlu mengajukan jasa pembuatan visa Turki untuk mendapatkan visa dan membawa sertifikat vaksin untuk berkunjung ke Turki saat ini. 

Jasa Pembuatan Visa Turki

Pembuatan Visa Turki masih terbuka bagi warga negara Indonesia dan bisa diajukan paling cepat 6 bulan dari rencana tanggal keberangkatan. Visa Turki tersebut akan berlaku untuk masa kunjungan 30 hari, baik diajukan oleh agen visa Turki ataupun melalui pengajuan mandiri.

Persyaratan Masuk Turki dari Indonesia

Ada beberapa persyaratan masuk Turki bagi penerbangan yang berasal dari Indonesia saat ini:

  1. Visa Turki yang masih berlaku
  2. Sertifikat Vaksinasi lengkap yang sudah dilakukan 14 hari sebelum penerbangan

Apabila traveller belum divaksin, ada beberapa alternatif yaitu:

  • Hasil negatif tes antigen Covid19 2x24 jam sebelum penerbangan, atau
  • Hasil negatif tes PCR Covid19 3x24 jam sebelum penerbangan

Persyaratan di atas tidak berlaku bagi anak usia di bawah 6 tahun.

Bagi penyintas Covid19 (yang sudah pernah positif covid19) dalam kurun waktu 6 bulan terakhir dapat melampirkan hasil tes positif PCR , dan hasil tes negatif PCR setelahnya yang menyatakan sembuh dari Covid-19, maka diberi ijin untuk masuk Turki tanpa perlu melakukan tes Antigen/PCR lagi ataupun membawa sertifikat vaksin.

Persyaratan Tambahan dari Negara Tertentu 

Hasil negatif tes PCR 3x24 jam wajib dibawa bagi traveler yang ingin masuk Turki, dan masuk ke salah satu dari dua kriteria di bawah ini:

  1. Pernah berkunjung ke salah satu negara dalam 14 hari terakhir

: Afganistan, Afrika Selatan, Bangladesh, Brazil, India, Nepal, Pakistan, Srilanka.

  1. Datang dari

: Afganistan, Afrika Selatan, Bangladesh, Brazil, India, Inggris, Mesir, Nepal, Pakistan, Singapore, Srilanka.

Persyaratan di atas tidak berlaku bagi anak usia di bawah 6 tahun. Tentunya visa Turki wajib dimiliki dan dapat diajukan melalui jasa pembuatan visa Turki.

Persyaratan Traveler Entry Form

Per 14 September 2021, traveler yang berkunjung ke Turki wajib melakukan pengisian traveler entry form yang dapat diakses di sini. Form ini dapat wajib diisi dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum penerbangan. Bagi kamu yang memiliki kesibukan tinggi dan keterbatasan waktu, Visakita sebagai agen visa Turki dapat membantu pengajuan visa Turki mu untuk menghemat waktu.

Penutup

Sejak awal pandemi, Turki termasuk salah satu dari sedikit negara yang tidak pernah menutup perbatasan dari wisatawan asing. Kasus Covid-19 sempat melonjak tinggi di bulan April sehingga Turki melakukan lockdown domestik (artikel dapat dibaca di sini) dan efektif kasus baru langsung melandai. Adapun selama periode lockdown, traveler asing tetap dapat berkunjung ke Turki, tentunya dengan konsekuensi pengurangan kapasitas atau bahkan tutupnya tempat tujuan wisata tertentu.

Vaksin Covid-19 sepertinya memberikan titik harapan untuk dunia pariwisata terbukti dari banyak negara yang sudah mulai penerima traveler dengan vaksin, termasuk Turki. Selalu cek dengan agen visa Turki mu mengenai status terbaru karena ketentuan masuk selama pandemi cukup sering berubah.

Apakah kamu berencana berkunjung ke Turki dalam waktu dekat? ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK