Return to site

Informasi: Amerika Mewajibkan Negatif Covid-19 Test Per 26 Januari 2021

by Richard | Visakita | Jasa Pembuatan Visa Amerika

· Amerika,covid-19

Di bulan Januari 2021, semakin banyak negara yang mewajibkan hasil tes negatif covid-19 sebagai persyaratan masuk ke negara nya. Sebagian negara sudah meminta tes PCR-RT meskipun beberapa masih menerima tes antigen, dimana hasil lebih cepat diperoleh dan harga lebih rendah.

Amerika sudah mengumumkan bahwa kedatangan via udara (pesawat), termasuk bagi warga negara Amerika sendiri wajib memiliki hasil tes negatif covid-19, dengan jangka waktu tidak lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan.

Berikut adalah pengumuman dari CDC

  • Centers for Disease Control and Prevention memperluas persyaratan untuk memasuki wilayah Amerika Serikat berupa hasil tes negatif Covid-19. Tes sebelum dan sesudah perjalanan penting dilakukan untuk memperlambat laju penyebaran Covid-19. Strategi ini sejalan dengan fase pandemi saat ini dan efektif dilakukan untuk melindungi kesehatan warga negara Amerika.
  • Variasi virus Covid-19 terus bermunculan di berbagai negara di dunia, dan ada indikasi kuat peningkatan penyebaran dari variasi virus ini. Dengan kondisi Amerika yang laju peningkatan infeksi Covid-19 semakin tinggi, persyaratan tes bagi traveler dengan pesawat akan memperlambat laju penyebaran dengan upaya CDC memvaksin warga negara Amerika secara pararel.
  • Sebelum berangkat ke Amerika, tes Covid-19, bersamaan dengan rekomendasi CDC untuk pengetesan ulang dalam jangka waktu 3-5 hari setelah kedatangan dan tinggal di rumah selama 7 hari sesudah periode travel, akan membantu memperlambat Covid-19 dalam komunitas Amerika. Tes sebelum keberangkatan akan sangat membantu identifikasi traveler yang terjangkit Covid-19 sebelum mereka naik pesawat.
  • Semua penumpang pesawat wajib melakukan tes Covid-19 dalam jangkat waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Amerika dan memberikan hasil tes lab tersebut (dalam bentuk print atau email) kepada maskapai atau memberikan dokumen yang menyatakan telah sembuh dari Covid-19. Maskapai wajib mengkonfirmasi hasil tes negatif dari semua penumpang sebelum mereka naik pesawat. Apabila ada penumpang yang tidak memiliki hasil tes negatif, maskapai wajib menolak penumpang tersebut.
  • "Tes (Covid-19) tidak menghilangkan semua resiko," kata Direktur CDC Robert R. Redfield, MD, "tetapi dengan kombinasi jangka waktu tinggal di rumah dan tindakan pencegahan seperti penggunaan masker dan social distancing, ini bisa membuat perjalanan lebih aman, lebih sehat dan lebih bertanggung jawab dalam mengurangi penyebaran (Covid-19) di pesawat, bandara dan tempat tujuan.
  • Perubahan ini ditanda tangani oleh Direktur CDC pada 12 Januari 2021, dan akan efektif berlaku pada 26 Januari 2021.

Status Jasa Pembuatan Visa Amerika

Sejak pertengahan tahun 2020, kedutaan menutup akses bagi pengurusan visa Amerika baru baik secara pribadi ataupun melalui biro jasa pengurusan visa. Bagi traveler yang ingin membuat visa Amerika, wajib bersabar karena hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut kapan kedutaan membuka lagi jadwal interview untuk visa Amerika baru.

Namun bagi pemegang visa Amerika sebelumnya, dapat mengajukan perpanjangan melalui jasa pengurusan visa asalkan memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh kedutaan. Perpanjangan ini berlaku bagi pemilik visa di bawah ini:

  • B1 – Athlete, amateur or professional (competing for prize money only), business visitor, domestic employee or nanny – must be accompanying a foreign national employer
  • B2 – Visitor for Medical treatment, tourism, vacation, pleasure visitor
  • C1 – Transiting the United States
  • D – Crewmember
  • J – Au pair (exchange visitor), exchange visitor, physician, professor, scholar, teacher (exchange visitor)

Penutup

Pemberlakuan tes negatif Covid-19 ini bukan hal yang mengejutkan karena selama ini Amerika tidak pernah menutup perbatasannya bagi warga negara asing. Mereka hanya mengurangi jumlah traveler yang masuk ke negaranya dengan cara memblokir pembuatan visa baru baik yang dilakukan secara pribadi ataupun melalui biro jasa visa.

Saya merasa kebijakan ini cukup bagus untuk diterapkan meskipun apabila diberlakukan berbulan-bulan sebelumnya maka bisa meminimalisir tingkat penyebaran Covid-19 di Amerika, dimana jumlah Covid-19 di Amerika adalah nomor 1 di dunia.

Jumlah kasus harian Covid-19 di Amerika Serikat

Ada alternatif untuk tidak melakukan tes negatif melalui perjalanan udara, seperti masuk melalui perjalanan darat dari Meksiko. Pemilik visa Amerika yang masih aktfi tidak perlu mengajukan visa Meksiko karena dapat masuk ke Meksiko dengan visa Amerika tersebut. Namun hal yang sama tidak dapat dilakukan dari Kanada, dimana saat ini wajib melakukan perjalanan udara untuk masuk/keluar Amerika Serikat. Jasa pengurusan visa Kanada kategori turis/wisata saat ini pun sedang tidak dapat dilakukan.

Selalu jaga protokol kesehatan dan konsulasi dengan biro jasa pengurusan visa mu untuk status negara yang ingin kamu masuki ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK