Return to site

Kanada Mewajibkan PCR-RT Test atau Denda 3000 Dolar Kanada

by Richard | Visakita | Biro Jasa Pengurusan Visa Kanada

· Kanada,covid-19

Per tanggal 4 Februari 2021, Kanada mewajibkan setiap orang yang datang melalui perjalanan udara memiliki hasil tes Covid-19 PCR-RT negatif, dengan pengambilan sampel kurang dari 72 jam sebelum waktu keberangkatan. Lebih lanjut, Kanada juga mewajibkan setiap orang yang datang melalui perjalanan darat untuk memiliki hasil tes Covid-19 PCR-RT negatif per tanggal 15 Februari 2021.

Hal ini berlaku bagi wisatawan mancanegara dan warga negara Kanada sendiri, dimana denda sebesar 3000 dolar Kanada akan dikenakana apabila tidak membawa hasil tes Covid-19. Pengumuman lengkapnya dapat dilihat di link ini.

Berikut adalah kutipan dari CBC:

Wisatawan yang memasuki Kanada melalui perbatasan darat perlu memberikan bukti tes COVID-19 negatif sebelum kedatangan, sesuai pengumuman Perdana Menteri Justin Trudeau.

“Mulai 15 Februari, ketika Anda kembali ke Kanada melalui perbatasan darat, Anda harus menunjukkan tes PCR 72 jam, seperti halnya dengan perjalanan udara,” kata Trudeau hari ini selama briefing media pagi di luar Rideau Cottage.

Perdana menteri mengatakan petugas perbatasan tidak dapat secara hukum menolak masuk ke Kanada, tetapi mereka yang muncul tanpa bukti tes bisa menghadapi denda hingga 3.000 dolar Kanada.

“Apa yang dapat kami [Kanada] lakukan apabila traveler tidak membawa hasil tes Covid-19 adalah menerapkan hukuman, denda dan tuntutan, serta memastikan [mereka] untuk mendapatkan tes Covid-19, melakukan karantina dengan benar, sehingga mereka tidak membahayakan keselamatan warga Kanada lainnya dengan pulang ke rumah tanpa hasil tes negatif yang jelas,” kata Trudeau.

Adapun pengecualian terhadap hasil tes Covid-19 ini diberlakukan kepada pekerja dalam sektor penting, seperti pengemudi truk yang sering melintasi perbatasan Kanada untuk membawa muatan.

Status Jasa Pengurusan Visa Kanada

Hingga saat ini jasa pengurusan visa Kanada kategori turis masih dibekukan sehingga apabila kamu harus menahan diri apabila ingin berwisata ke Kanada. Sebagai catatan pembuatan visa Kanada akan memiliki masa berlaku sampai masa berakhir paspor, sehingga bagi yang memiliki paspor yang akan expired, bisa melakukan perpanjangan dahulu sebelum apply melalui jasa pengurusan visa Kanada.

Bagi traveler yang ingin berkunjung untuk bertemu keluarga saat ini sudah mendapatkan ijin untuk apply visa Kanada. Adapun pemilik visa Kanada yang aktif tetap wajib mengikuti travel restriction dari Kanada, yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Penutup

Seperti kebanyakan negara, Kanada mulai menerapkan perbatasan yang ketat dengan wajib tes Covid-19 di semua perbatasannya, baik udara ataupun darat. Saya pribadi merasa keputusan ini agak "tanggung" karena ijin masuk tetap diberikan bagi mereka yang tidak membawa hasil tes Covid-19 dengan cara membayar denda 3000 dolar Kanada.

Saya rasa siapapun setuju bahwa bepergian tujuan wisata saat ini bukanlah ide yang bagus dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Akan tetapi apabila harus travel dalam rangka bertemu keluarga ataupun urusan pekerjaan, jangan lupa untuk konsultasi dengan biro jasa pengurusan visa mu untuk mendapatkan update terbaru dari negara tujuanmu.

 

Apakah kamu berhasil memperoleh visa Kanada pada tahun 2021 ini? ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK