Return to site

Informasi: Jasa Pengurusan Visa Schengen (Swiss) LDR

by Richard | Visakita | Agen Pembuatan Visa

· Swiss,Schengen,covid-19

Berita baik datang dari Swiss untuk jasa pengurusan visa schengen yang sudah dibuka. Sebelumnya kedutaan Swiss tidak menerima pengajuan visa sama sekali dan mulai tanggal 10 Agustus 2020 visa kategori C untuk pasangan yang belum menikah, Spouse/Registered Partner sudah diperbolehkan untuk diajukan kembali efektif 19 Agustus 2020.

Pasangan yang belum menikah dan memiliki anak di bawah umur dapat diperbolehkan mengajukan jasa pengurusan visa Schengen dan mengunjungi Swiss. Tentunya dokumen pendukung wajib untuk disertakana seperti kartu keluarga atau akte pendaftaran keluarga lainnya.

Sebagai tambahan informasi, saat ini pembuatan visa Schengen Swiss hanya dapat dilakukan pada hari senin dan rabu saja setiap minggunya.

Persyaratan Visa LDR Swiss

Ijin masuk untuk mengunjungi pasangan yang belum menikah atau dalam registered partnership, dimana dalam situasi belum memiliki anak diperbolehkan dengan catatan:

  1. Applicant yang akan masuk ke Swiss wajib memperoleh surat undangan dari pasangan di Swiss, dimana status pasangan di Swiss adalah warga negara Swiss, atau memiliki ijin tinggal jangka pendek, ijin tinggal sementara atau ijin tinggal permanen.
  2. Formulir deklarasi bukti hubungan
  3. Dokumen pendukung yang menunjukkan adanya bukti hubungan melalui tatap muka langsung baik di Swiss ataupun negara lain sebelum periode covid19.

Visa Schengen tidak akan disetujui apabila tidak ada bukti hubungan yang kuat bahwa pengundang di Swiss adalah pasangan yang sebenarnya. Bukti hubungan wajib untuk disertakan yang menunjukkan bahwa hubungan tersebut sudah berlangsung beberapa waktu sebelum dan ketika periode pandemi covid19.

    Bukti Hubungan Yang Diperlukan

    Berikut adalah daftar dari bukti hubungan yang wajib dilampirkan selama pengurusan visa Schengen:

    • Undangan dari pasangan di Swiss, termasuk dengan fotokopi paspor atau ijin tinggal dari pengundang
    • Konfirmasi bukti hubungan yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak (via pos atau scan)
    • Dokumen pendukung bukti hubungan seperti komunikasi pos atau email, komunikasi di sosial media, tiket pesawat, tiket masuk pertunjukkan/atraksi, foto bersama
    • Bukti pertemuan di Swiss atau negara lain yaitu fotokopi paspor dengan stempel imigrasi keluar-masuk di negara tempat bertemu

    Penutup

    Beberapa negara Schengen sudah mulai melonggarkan aplikasi visa untuk tipe hubungan LDR ini. Saya pribadi merasa ini keputusan yang sangat manusiawi dimana visa untuk hubungan benar-benar memperoleh prioritas dan persyaratannya pun cukup detail sehingga mencegah adanya "penipuan" hubungan untuk sekadar mendapat visa.

    Apabila kamu berencana mengajukan visa Schengen LDR ini, saya menyarankan untuk berkoordinasi dengan agen pembuatan visamu terutama karena keputusan yang bisa berubah sewaktu-waktu selama pandemi covid19 belum berakhir. 

    Apakah kamu tetap akan mengajukan visa Schengen LDR selama pandemi ini? ^^

    All Posts
    ×

    Almost done…

    We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

    OK