Return to site

Informasi: Kunjungan ke Australia Selama Pandemi Covid-19

by Richard | Visakita | Agen Pembuatan Visa

· Australia,covid-19

Saat ini kunjungan ke Australia sangat dibatasi selama kondisi pandemi covid19. Hal ini bisa dipahami karena Australia dengan kasus pandemi yang rendah menghindari jumlah pengunjung banyak yang dapat berpotensi meningkatkan kasus covid19 di negara mereka.

Persyaratan bagi mereka yang diperbolehkan untuk mengunjungi Australia selama pandemi adalah:

  • Warga Negara Australia
  • Permanent Resident Australia
  • Anggota Keluarga dari Warga Negara Australia
  • Warga Negara Selandia Baru
  • Permanent Resident Selandia Baru

Selain itu bagi traveler yang memiliki alasan kuat untuk travel ke Australia dapat mengajukan pengecualian dari Australian Border Force Commissioner.

Berikut kutipan dari Australian Border Force

Commissioner of Australian Border Force (ABF) akan mempertimbangkan pengecualian khusus terkait pembatasan perjalanan bagi:

- Warga negara asing yang melakukan perjalanan dengan undangan dari Australian Commonwealth Government dengan tujuan kontribusi bantuan Covid-19 atau tujuan lain untuk kepentingan negara.

- Keperluan medis kritis, termasuk air ambulance dan pengiriman supply, yang secara berkala masuk ke Australia dari port internasional

- Tenaga ahli dengan skill khusus yang diperbolehkan (medical specialists, engineers, marine pilots and crews)

- Diplomat yang ditugaskan di Australia dan saat ini bertempat tinggal di Australia, dengan anggota keluarga nya.

- Kasus khusus untuk alasan kemanusiaan.

Apabila traveler memenuhi salah satu kriteria dari Australian Border Force, dapat mengajukan permintaan travel exemption yang dapat diakses di link ini. Sertakan juga dokumen pendukung sesuai dengan alasan travel anda, wajib dalam bahasa inggris. Permintaan travel request ini dapat dilakukan antara 3 bulan sampai dengan 4 minggu sebelum keberangkatan. Apabila permintaan travel request tidak dikabulkan, maka perjalanan ke Australia tidak dapat dilakukan.

Form Request untuk Travel ke Australia selama pandemi Covid-19

Bagi traveler yang tiba di Australia harus menjalani karantina 14 hari. Saya mendapat informasi bahwa karantina ini adalah bentuk kesadaran masyarakat setempat sehingga tidak ada pihak berwenang yang melakukan pengawasan khusus. Akan tetapi masing-masing warga dan tetangga yang saling menjaga dan memantau satu sama lain sehingga ini menjadi salah satu alasan mengapa kasus covid19 di Australia rendah.

[Update 2 Juli 2020] Semua penerbangan dari dan ke Melbourne ditangguhkan sampai tanggal 15 Juli 2020.

Visa Australia

Bagi para pemegang visa Australia yang masih berlaku, hanya diperbolehkan masuk apabila memenuhi kriteria yang disebutkan di atas. Dengan kata lain, kunjungan ke Australia dalam rangka wisata selama kondisi pandemi tidak akan diterima meskipun status visa masih valid.

Untuk saat ini jasa pengurusan visa Australia akan memprioritaskan mereka yang termasuk dalam kategori pengecualian di atas untuk mendukung kepergian yang mendesak.

Bagi yang mempunyai rencana wisata ke Australia dalam waktu dekat, pengaturan ulang jadwal kepergian adalah opsi terbaik. Jangan lupa untuk mempersiapkan saldo tabungan yang cukup untuk pembuatan visa Australia.

Penutup

Keputusan Australia memberlakukan regulasi ini saya nilai sudah tepat untuk mengontrol pandemi. Beberapa waktu lalu Australia bahkan sempat menutup seluruh penerbangan sehingga tidak ada pergerakan melalui udara sama sekali. Hal ini membuahkan hasil dimana kasus pandemi yang rendah dan Australia merupakan salah satu negara pertama yang diijinkan memasuki wilayah Uni Eropa dengan tujuan wisata.

Saya pribadi berharap kasus pandemi di Indonesia segera melandai baik dari jumlah kasus baru dan kurva kesembuhan meningkat sehingga traveling dan jasa pembuatan visa Australia kembali mendapatkan ijin oleh pemerintah Australia ^^

Menurutmu, akankah Australia membuka pembatasan perjalanan bagi Indonesia di tahun 2020?

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK