Return to site

Informasi: Gibraltar Masuk Menjadi Anggota Schengen

by Richard | Visakita | Jasa Pembuatan Visa Schengen

· Schengen,Gibraltar

Gibraltar, negara yang sebelumnya tergolong dalam teritori luar negri Inggris akhirnya bergabung dengan Uni Eropa Schengen meskipun Inggris sendiri memutuskan keluar dari wilayah Uni Eropa.

Per tanggal 31 Desember 2020, Spanyol dan Inggris mencapai kesepakatan untuk memasukkan Gibraltar dalam wilayah Uni Eropa. Kesepakatan ini akan ditandatangani oleh Inggris dan Uni Eropa dan diawasi oleh Frontex (badan keamanan perbatasan Uni Eropa) dan Spanyol untuk pengecekan paspor/imigrasi di pelabuhan dan bandara Gibraltar selama 4 tahun ke depan.

Jasa Pembuatan Visa Schengen Gibraltar

Masuknya Gibraltar sebagai anggota Uni Eropa dan Schengen sangat memudahkan traveler dikarenakan Gibraltar berbatasan langsung dengan Spanyol yang juga merupakan anggota Uni Eropa dan Schengen.

Hal ini berarti traveler yang memiliki visa Schengen dapat berkunjung langsung ke Gibraltar dari Spanyol ataupun sebaliknya.

Peta Gibraltar

Selama pandemi covid19, jasa pengurusan visa Schengen hanya diperbolehkan khusus untuk kategori pelaut dan hubungan jarak jauh (long distance relationship). Bagi traveler yang ingin melakukan pengajuan visa turis baik secara pribadi atau melalui agen pengurusan visa Schengen harus bersabar karena kategori turis dan/atau kunjungan keluarga masih belum dibuka hingga hari ini.

Penutup

Inggris dan Gibraltar tidak pernah menjadi anggota dari Schengen meskipun menjadi bagian dari Uni Eropa, sehingga pemeriksaan di perbatasan tetap diperlukan.

Hal ini cukup mempersulit bagi orang yang tinggal di Gibraltar dan bekerja di Spanyol ataupun sebaliknya karena akan diperlukan pemeriksaan masuk dan keluar setiap harinya di perbatasan. Berita masuknya Gibraltar sebagai anggota Schengen tentunya menjadi solusi dari segala "kerepotan" ini.

Sisi positif lainnya, warga negara Indonesia yang ingin berwisata ke Gibraltar cukup memiliki mengajukan jasa pengurusan visa Schengen saja karena Gibraltar sudah menjadi anggota Schengen. Tentunya pastikan dahulu dengan agen jasa pembuatan visa mu akan persyaratan apa saja yang diperlukan untuk mengunjungi wilayah Schengen. Selamat berwisata ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK