Return to site

Informasi: Dubai Mewajibkan Tes PCR-RT Negatif Untuk Semua Kedatangan Per 31 Januari 2021

by Richard | Visakita | Biro Jasa Pengurusan Visa Dubai

· Dubai,covid-19

Selama pandemi Covid-19, Dubai merupakan salah satu negara yang sangat longgar dalam hal kunjungan wisatawan dan tidak mempersulit jasa pengurusan visa Dubai. Sampai dengan 30 Januari 2021, Dubai memberi ijin bagi para traveler dari negara tertentu untuk tiba tanpa tes Covid-19 PCR-RT negatif yang kemudian dilakukan di bandara. Traveler harus menunggu di hotel sampai tes negatif dikonfirmasi, yang umumnya kurang dari 24 jam.

Per tanggal 31 Januari 2021, Dubai akan mewajibkan semua penumpang, termasuk warga negara QCC, tetapi tidak termasuk penumpang Uni Emirat Arab, untuk memiliki sertifikat tes PCR-RT negatif maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. Traveler dari negara tertentu akan diminta tes ulang pada saat kedatangan di Dubai. Persyaratan ini tidak berlaku untuk penumpang transit kecuali diwajibkan dari negara tujuan akhir.

Berikut kutipan dari Emirates.

Persyaratan baru untuk kedatangan di Dubai mulai 31 Januari 2021

Update Terakhir : 27 Januari 2021, 19:29 Dubai (GMT + 4)Efektif tanggal 31 Januari 2021, semua penumpang yang tiba di Dubai dari titik asal mana pun (termasuk negara-negara GCC) wajib memiliki sertifikat tes PCR negatif, dengan tes dilakukan tidak lebih dari 72 jam sebelum waktu keberangkatan.Warga negara UEA dibebaskan dari hal-hal di atas, tetapi akan diminta untuk mengikuti tes PCR setibanya di bandara Dubai.Penumpang yang tiba di Dubai dari negara tertentu akan diminta untuk mengikuti tes PCR lain saat tiba di DXB.Penumpang yang transit melalui Dubai harus memastikan bahwa mereka mematuhi persyaratan masuk di negara tujuan masing-masing.Silakan kunjungi pusat informasi COVID19 kami untuk perincian tentang persyaratan perjalanan terbaru.

Dampak Peraturan Ini Terhadap Warga Negara Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara yang mendapat persyaratan "extra" dari Dubai. Hal ini bisa dipahami mengingat Indonesia termasuk negara dengan jumlah kasus Covid-19 yang cukup tinggi, bahwa menempati peringkat 30 besar dunia.

Persyaratan bagi warga negara Indonesia yang akan berkunjung ke Dubai adalah sebagai berikut:

  • Traveler wajib melakukan tes PCR, dengan 72 jam (atau kurang) sebelum waktu keberangkatan
  • Traveler wajib melakukan tes PCR kedua, setibanya di Dubai. Apabila hasil tes kedua positif, maka wajib isolasi
  • Pengunjung harus menjalani 2x tes PCR
  • (1x) 72 jam sebelum keberangkatan (hasil harus negatif)
  • (2x) Saat tiba di Dubai (hasil harus negatif atau akan menjalani isolasi)
  • Jenis tes Covid-19 yang diterima adalah tes PCR-RT saja
  • Sertifikat yang wajib dibawa adalah hard-copy (print)dalam bahasa Inggris atau Arab untuk melakukan check in. Sertifikat digital atau SMS tidak diterima.

Status Jasa Pengurusan Visa Dubai

Saat ini jasa pengurusan visa Dubai tetap aktif beroperasi seperti biasa, karena Dubai tetap menerima pengunjung dengan catatan pengunjung wajib membawa tes PCR-RT negatif yang diambil dalam 72 jam terakhir sebelum waktu keberangkatan. Untuk maskapai menuju Dubai, bisa menggunakan Emirates atau Etihad karena kedua maskapai ini mempermudah keseluruhan proses jasa pembuatan visa Dubai.

Hasil tes PCR-RT dapat dilakukan dimanapun, akan tetapi per 1 Februari hasil tes covid-19 wajib bersifat digital (memiliki bar code atau QR code) sehingga dapat discan oleh petugas bandara Indonesia. Apabila hasil tes Covid-19 masih belum digital, maka wajib dilakukan konversi digital yang prosesnya membutuhkan waktu 2x24 jam.

Penutup

Sebelum peraturan wajib tes ini diberlakukan, grafik harian kasus positif covid-19 selalu menanjak naik sampai akhir Januari 2021. Hal ini cukup wajar karena banyak wisatawan yang datang ke Dubai sebelum kewajiban tes ini karena Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara yang sangat membuka diri terhadap kedatangan para wisatawan.

Sejak diberlakukan kewajiban tes covid-19, Dubai mulai menunjukkan penurunan kasus harian dari covid-19. Hal ini dapat dilihat pada grafik harian dari Uni Emirat Arab sampai dengan tanggal 6 Februari 2021.

Jumlah kasus harian covid-19 di Dubai

Saya pribadi berharap tren ini akan berlanjut sehingga jumlah kasus harian baru di Dubai dapat ditekan serendah mungkin dan membuat pengunjung merasa aman selama berada di Dubai. Akan tetapi, apabila tidak ada kebutuhan khusus, saya merekomendasikan menunda traveling sampai pandemi ini berakhir.

Apabila kamu tetap ingin berkunjung ke Dubai, selalu cek dengan biro jasa pengurusan visa mu untuk mengetahui update terbaru baik dari status visa, penerbangan maupun persyaratan keluar masuk Dubai. ^^

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK