Return to site

Informasi: Belanda Memperketat Peraturan Masuk dan Transit Efektif 23 Januari 2021

by Richard | Visakita | Biro Jasa Pengurusan Visa Schengen

· Belanda,covid-19

Terkait dengan pandemi Covid-19 yang tidak berkesudahan, pemerintah Belanda berencana untuk memperketat proses masuk dan transit dari traveler yang akan masuk atau transit di Belanda terutama dari negara yang dianggap beresiko tinggi.

Berikut update terbaru dari Pemerintah Belanda

Pembatasan Perjalanan Tambahan

Satu perjalanan oleh setiap orang akan meningkatkan resiko infeksi atau membawa varian baru Covid-19 ke Belanda. Oleh karena alasan ini, pemerintah mengeluarkan larangan perjalanan: menghindari perjalanan keluar negri dan pemesanan perjalanan sampai dengan tanggal 31 Maret 2021.

 

Pemerintah memperkenalkan protokol tambahan untuk mencegah varian virus baru masuk melalui traveler dan mengurangi jumlah perjalanan. Pemblokiran penerbangan dari Inggris dan pelarangan kapal dari Inggris akan diberlakukan. Pemblokiran penerbangan juga akan berlaku bagi penumpang dari negara: Afrikas Selatan, Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Ekuador, French Guiana, Kolombia, Guyana, Panama, Paraguai, Peru, Suriname, Tanjung Verde, Uruguai, Venezuela. Saat ini pemblokiran penerbangan akan berlaku selama satu bulan, atau sampai ada aturan karantina baru ditetapkan.

 

Sebagai tambahan, semua penumpang yang akan memasuki Belanda dengan pesawat atau kapal dari area yang beresiko tinggi wajib mempunyai hasil negatif rapid tes Covid-19 yang dilakukan sebelum keberangkatan. Tes ini wajib diambil kurang dari 4 jam sebelum masuk ke pesawat atau kapal. Tes kedua ini wajib dilakukan, selain dari hasil negatif PCR-RT tes pertama Covid-19 yang diambil 72 jam sebelum kedatangan di Belanda.

 

Kedua tes ini juga berlaku bagi traveler bagian Karibia dari Belanda. Lebih lanjutnya, traveler wajib melakukan karantina mandiri selama 10 hari setibanya di Belanda. Traveler dapat melakukan tes ulang setelah 5 hari untuk mempercepat durasi karantina. Apabila hasil tes PCR adalah negatif, karantina mandiri dapat diakhiri. Dikarenakan fasilitas rapid tes tidak tersedia di semua bandara dan pelabuhan, pemerintah memperkirakan bahwa persyaratan ini akan mengurangi jumlah perjalanan ke Belanda.

 

Bagi wisatawan dari negara di luar Uni Eropa, pelarangan perjalanan sudah diberlakukan sejak bulan Maret 2020. Pemerintah Belanda sudah memutuskan untuk mengurangi jumlah pengecualian dari pelarangan perjalanan ini. Traveler bisnis, pelajar, pekerja berskill tinggi, profesional dari sektor budaya dan kreatif, traveler dengan visa LDR tidak akan diberikan akses masuk.

 

Aturan ini akan berlaku efektif pada tanggal 23 Januari 2021.

Status Jasa Pengurusan Visa Schengen Belanda

Sebelum peraturan baru ini diberlakukan, ada beberapa visa kategori tertentu yang bisa diajukan seperti pembuatan visa Schengen tipe pelaut dan hubungan jarak jauh (long-distance-relationship). Akan tetapi per tanggal 23 Januari 2021, maka praktis semua jasa pengurusan visa Schengen Belanda tidak akan bisa dilakukan lagi sampai pemberitahuan lebih lanjut.

 

Bagi pemilik visa pelaut dan LDR yang masih berlaku, kemungkinan besar juga tidak akan mendapat akses masuk ke negara Belanda karena aturan baru pelarangan perjalanan ini. Sedangkan untuk jasa pengurusan visa Schengen Belanda kategori wisata memang sudah tidak dibuka sejak tahun 2020.

Penutup

Saya merasa tujuan pemerintah Belanda adalah "menghilangkan" traveler untuk masuk ke Belanda ataupun transit di Belanda, dimana peraturan tambahan tes rapid Covid-19 kedua yang wajib dilakukan 4 jam sebelum sangat sulit untuk diimplementasikan.

Maskapai asal Belanda, KLM Airlines sudah menghentikan penerbangan jarak jauhnya sejak hari jumat (22 Januari 20201). Menarik untuk dilihat apakah maskapai penerbangan lain akan mengurangi atau menghentikan penerbengan mereka ke Belanda.

Dengan efektifnya peraturan pelarangan perjalanan ini, praktis jasa pengurusan visa Schengen Belanda akan berhenti beroperasi setidaknya sampai 31 Maret 2021, atau sampai ada perubahan regulasi dari pemerintah Belanda. Saya pribadi mendukung program pemerintah Belanda karena melalui peraturan ini, pemerintah mendukung keselamatan dari warga negara nya dan mencegah penyebaran Covid-19 dari traveler luar negri.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK